ketika yang paling kamu cintai pergi..

this post dedicated to my lovely beloved fat greyish cat named chiko..

this is chiko

chiko adalah salah satu kucing gw yang paling gw sayang. kenapa? karena banyak banget memori yang gw habiskan bersama chiko. chiko baru berumur 1.5 tahun. emak gw beli chiko waktu masih umur 2 minggu dan keciiil bgt. masih kaya mini kemoceng. pas pertama kali dateng chiko selalu nangis dan tidur di bawah lemari. selama seminggu dia ga mau tidur di luar kolong lemari. dan selama itu pula gw nemenin dia tidur di sebelah kolong lemari. gw tarikin keluar dan gw kelonin meskipun dia masuk lagi.

selama 2 bulan dia disuapin nyokap susu setiap hari karena ga dapet asi dari induknya. bedanya dia sama grace (kucing gw yang lain) chiko ga pernah nangis meong2 kenceng. cuma keluar air mata. sedangkan grace regularly nangis setiap jam 5 pagi setiap hari karena minta minum susu.

chiko ini lucu banget. soalnya dia waktu masih kecil suka tiba2 menggelepar di tengah2 ruangan. lagi jalan megal megol pantatnya terus tiba2 terlentang. kaya abis batere nya.

batere abis di tengah jalan.. :*

then chiko grew rapidly. chiko suka banget minum susu dan makan ikan basah. di rumah gw kucing2 dikasih makan dua jenis. ikan basah setiap pagi dan sereal sepanjang hari. tapi lama-lama chiko ga suka minum susu. kalo kata gw sih gara-gara kurang tasty susunya.

makan ikan tiap pagi

tiga bulan kemudian chiko udah mulai tumbuh besar. tapi dia suka kukur-kukur (eemm bahasa indonesianya apanya. itchy. garuk-garuk. nah..). gw makin curiga soalnya garuk-garuknya ga biasa. then one day gw pangku dan periksa semua bulunya. gw bingung kok banyak gumpalan coklat2 kecil di seluruh tubuh. ternyata itu kutu. gw kaget setengah mati. dia ga pernah keluar rumah, ketemu kucing lain ga pernah dan gw yakin grace ga kutuan. gw curiga ini bawaan dari pet shop nya. soalnya si grace juga kena jamur dari kecil pas dibawa dari pet shop udh ada jamurnya tapi berhasil di recover sama nyokap berkat ketelatenan dan perhatian kami semua.

yang saru jamuran yang satu kutuan. kasian..

alhasil gw rajin bawa chiko dan grace ke dokter. dua minggu sekali gw ke dokter meriksain mereka. imunisasi, obat cacing, anti virus, nanem obat jamur dan kutu sampe beli shampoo anti kutunya.

akhirnya mereka sembuh dan berubah manjadi kucing-kucing cantik..

chiko grace suka tidur siang di pojokan kamar

chiko mulai dewasa. gendut banget. umur setaun beratnya 3.5 kg. bulunya bagus banget. badannya kaya keset ekornya kaya kemoceng. kalo lari kaya macan tapi ekornya menjuntai ke bawah. dia suka banget lari2 kalo siang2. nakal kaya anak cowo. gw suka banget makan activia. dia suka banget activia. kalo gw minum susu ultra full cream dia pasti ngedeketin kaki minta juga. jadi gw suka beliin susu ultra (meskipun dilarang sama emak gara-gara laktosanya susu. tapi dia suka >.< gw ga bisa ga ngasih. hahaha) dan kalo beli yoghurt gw kasih di tutupnya. the way chiko licking it super cute.

baju basket chiko 🙂

suatu hari chiko dan grace harus dititipin di petshop karena gw sekeluarga mau mudik. kasian dan ga tega tapi apa boleh buat. grace gelisah bukan main. dia ga pernah pisah keluar rumah dalam waktu lama. chiko apalagi. tapi karena chiko itu jarang bersuara jadi keliatan lbh tenang. padahal dia gelisah juga. waktu dimasukin ke kandang petshop mereka berontak bukan main. meong2 terus kaya anak kecil nangis waktu gw tinggal. mereka masih kecil ukurannya karena baru satu taun. kucing2 lain yang dititipin umurnya udah diatas 2 taun semua. waktu gw pulang ngejemput mbak2 petshopnya bilang “mbak ya ampun ini kucing2 nya galak-galak banget. ga mau dipegang. dimandiin nyakar”. padahal mereka ga pernah galak dan nyakar. gw udah pesen sama mbaknya jangan ditaro di kandang terus soalnya mereka ga biasa dikandangin. tapi mau dilepas juga susah katanya soalnya ga mau dipegang. begitu gw dateng grace sama chiko ngeluarin tangannya dan meong-meong kenceng bgt. begitu gw gendong itu cakarnya grace langsung nancep di punggung gw. ga mau dilepas gendongannya. chiko juga gitu. gw kewalahan bgt waktu itu. mereka kaya mau ngomong “jangan ditinggal lagi ya aku”

waktu gw skripsian kan gw ngungsi ke ruang tamu dimana ruang tamu rumah gw yang lama udah kaya sanctuary. sepi bgt dan kaya kotak persegi misah dari keramean rumah tengah. selama 3 bulan gw semedi disana. buku, data, laptop, kertas berserakan. siklus hidup gw ga beres bgt selama skripsi. tidur jam 7 pagi dan bangun jam 10 siang. gitu terus sampe selesai. sekeluarga gw kaya lupa kali ya ada gw di ruang tamu. hahaha. tapi kedua kucing2 ini gw pernah absen nemenin gw tiap hari. chiko selalu tidur di sebelah kursi gw diatas kertas2 data. grace tidur di sebelah laptop atau di kaki gw. begitu setiap hari. makanya mereka masuk ke daftar ucapan terima kasih gw. terima kasih ya meong-meong for keep waiting for me and make me still like a human being. kalo ga ada mereka gw udah kaya anak autis kali ya 3 bulan ngomong sama benda mati doang.

cute little baby

chiko grace tidur sama gw setiap malem. kalo pagi-pagi gw bangun mau kerja chiko pasti ikut bangun. muter-muter di kaki. gw bangun setiap hari jam 4 pagi soalnya ngejar kereta jam setengah 6. kalo gw mandi chiko pasti garuk2 pintu kamar mandi minta ikut masuk. akhirnya gw masukin. while gw mandi dia tidur di karpet toilet sebelah shower. kalo gw udah selesai dia ikut ke kamar dan masuk ke lemari. gitu setiap hari. kalo gw pulang kerja mereka yang nyambut. abis gw mandi dan makan gw main sama mereka dulu setengah jam sebelum akhirnya ngerjain kerjaan kantor. miss this moment.

suatu hari nenek dari nyokap gw meninggal. ibu udah berangkat ke banyuwangi. tengah malem gw baru sampe rumah. ada sepupu gw dan banyak orang. salah satu tamu lupa nutup lagi pintu garasi. hasilnya. chiko lari2 keluar rumah dan kaya anak ilang. lari ke halaman sebelah rumah kanan kiri. masuk ke semak-semak. since rumah gw ga punya pager dan halaman tetangga nyatu jadi chiko leluasa banget lari-lari. gw ngejar pake berbagai macam gaya. ngiming2in pake berbagai macam cara dia masih lari2. kaya orang linglung. akhirnya gw berhasil nangkep dari belakang waktu dia lari ke lapangan sebelah tetangga dan lagi ngincer kodok. bulunya kotor banget.

chiko punya bulu lebat di leher sama dadanya..

tapi chiko makin lama suka bandel. karena dia kucing jantan kayanya dia pengen nandain daerah kekuasaannya dengan pipis. kadang sedikit pipisnya kadang banyak. setiap sudut rumah hampir udah pernah dipipisin. kasur, karpet, sofa nyokap, bed cover, sampe kerudung gw juga lucunya dia juga suka pipis di lubang air kamar mandi dan wastafel sekalinya pinter ya pinter banget sekalinya oon ya bloon banget. hahaha. sampe akhirnya nyokap memutuskan untuk ngeluarin dia di garasi kalo malem2 dan masuk pagi-pagi abis makan ikan. gw ga tega banget. tapi ya mau gimana lagi.

nyokap juga ga tega jadi suka diajak main di kolam ikan belakang. kata emak “chiko yuk liat ikan”. dia anteng duduk di pinggir kolam ikan. tapi pernah dia nyemplung mau ngambil ikan. semua bulunya basah. hahahaha kocak banget deh.

duduk manis di meja makan sebelah kolam

sampe akhirnya chiko musim kawin untuk pertama kali. berisik banget. hahaha. dan lucunya gw sekeluarga ga tega ngeliat grace dikawinin. soalnya punggungnya digigit. jadi setiap grace kesakitan dikawinin chiko kami usir dari grace. salah kayanya ya. hak setiap makhluk hidup buat kawin kan ya. hehe

suatu hari tetangga baru dateng. mereka keluarga korea dengan 2 anak cowo masih SD. tapi ternyata di kompleks gw ada sodara-sodara mereka jadi total ada 5 anak. 3 cowo dan 2 cewe. mereka suka banget main ke rumah liat kucing2. anak cewe dan cowo yang paling kecil sayang sama chiko. tiap hari dielus-elus.

sampe akhirnya gw harus ke semarang tugas buat 3 bulan. selama di semarang gw dapet kabar kalo chiko sakit. sesek napas dan muntah. gw ga tega banget. gw pesen sama ade gw yg nomer 3 buat bawa ke dokter. katanya gastritis dan kurang nafsu makan. dikasih ikan protein tinggi dia suka banget. soalnya selama sakit ga mau makan. gw inget banget 28 mei 2011 pas gw pulang jakarta terakhir kali gw liat chiko sehat. setelah itu dia mengurus.

chiko beratnya mulai turun

chiko jadi males gerak. semakin hari semakin kurus. tulang di punggungnya mulai kerasa. kasian. gw ga tega. sampe suatu hari abis gajian gw minta ade gw periksaain chiko lagi.

hasil pemeriksaannya katanya dia sakit ginjal soalnya bengkak. kaya kena dbd dan kurang darah. dikasih obat nambah hb darah sama antibiotik. tapi dua hari kemudian ade gw yg paling kecil bilang kencing chiko ada darahnya. sama nyokap langsung dibawa ke dokter dan diinfus.

besok subuhnya chiko mati.

gw nangis sejadi-jadinya. chiko is like my own child. ive raised chiko since chiko was a little kitten. kalo gw ga cukup waras pasti gw udah balik ke jakarta saat itu juga.. then i’ve thought i need to survive..

dan dikubur di halaman depan rumah. kuburannya dibentuk love sama nyokap.

kuburan chiko

chiko selamat jalan. you’ll always on my mind, heart and soul. tunggu aku ya di sana..

rest in peace chiko baby

Baubau, 16 Agustus 2011

Ajeng Karina Sari

One thought on “ketika yang paling kamu cintai pergi..

  1. Hello admin, your website is incredible i know very useful tool for
    every webmaster (for content creation and SEO). Simply search in google
    for:
    Stoonkel’s Rewriter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s