tour de great buton island

howdy world…

apa kabar??? menyenangkan kah weekend kemarin?? buat saya menyenangkan banget. kenapa? soalnya salah satu impian saya tercapai. yaitu jalan2 keliling pulau buton.. cuma setengahnya sih. soalnya kalo ke buton utara harus spent one night disana dan belom memungkinkan.

sebenernya rencana ini udah dari seminggu yang lalu. tercetus waktu OTS ke pasar wajo tapi tak kunjung berhasil dilaksanakan. akhirnya setelah nagging beberapa kali dan adegan ngambek gara2 anak baru udah ke lombe dan saya yg dijanjiin dari jaman baru dateng ke baubau aja belom pernah ke lombe, saya diijinin buat ga masuk hari sabtu dan boleh jalan2.. yeaaay..

senior saya nan baik hati dan tidak sombong serta rajin mengaji bernama mas yopie berbaik hati ngurusin mobil rental yang mau kami sewa. tim yang mau berangkat siap. mobil siap. driver siap. tinggal beli bekel.

malem saya sama mbak indah nan cantik dan baik hati (pacarnya mas yop) pergi beli snack buat di perjalanan. lumayan buat krauk-krauk daripada manyun. hahaha berbagai macam chiki, coklat dan kripik singkong lengkap sama aqua gelas udah tersedia di mobil. kami pun berjanji kumpul di kantor jam setengah 7 pagi.

well .. saya sampe kantor pas jam setengah 7 pagi dan sesuai dugaan. nobody’s there.. great.. yowes lah ya secara tujuan hari ini mau jalan2. no manyun day. hahahaha setelah satu jam menanti akhirnya kami berangkat menuju tempat pemberhentian pertama buat makan pagi yaitu ngkari-ngkari (known as little bali. bener2 mirip kaya di ubud). kami mampir di bendungan bagus banget buat makan bubur.

oh iya ini dia rute perjalanan kami..

perjalanan ini bener2 menyusuri pinggir pulau buton bagian selatan. hampir sebagian besar perjalanan didominasi sama pantai. alhamdulillah. secara saya anak pantai sejati. dikasih hutan sama gunung dikit aja pasti langsung ngantuk dan langsung melek kalo liat pantai dan laut. hehehe

menuju hutan lambusango kami lewat di satu pantai tersembunyi yang bagus bgt. masih alami. knapa saya bisa bilang alami? kami nemu dua ubur2 yg terjebak di pantai. pantainya kebetulan lagi surut banget jadi pantainya bertambah lebar. saya jalan menuju bibir pantai dan sepanjang saya jalan, saya bisa denger suara berderik keong2 lagi bikin lobang di pasir. asli alami bgt.. tanpa ada jamahan tangan manusia..

lalu kami meneruskan perjalanan menuju lambusango. di tengah perjalanan lewat dermaga buat  ngangkut nikel. ada kapal tongkangnya juga.

sebelum masuk ke kawasan hutan lambusango, kami mampir ke pemandian dari mata air. surprised me bgt deh. bagus. bersih. jernih. mantap lah pokoknya.
mbak apri (salah satu teller) yang ikutan jalan2 ini mengalami satu kejadian buruk. dia kepleset di tangga pas mau ngerendem kakinya. bukti bahwa tempat ini masih bangus banget karena lumutnya masih tumbuh dengan baik.

saya juga liat dua giant spiders nangkring di atas sarangnya plus satu laba2 kaki empat (udh pernah liat belom? selama ini kan laba2 kakinya 6 atau 8..) dan satu lagi.. saya liat capung warna merah dengan sayap yang kaya dari beludru. cantik banget..


sebelum masuk hutan kami juga melewati sawah2 dari atas gunung. bagus..

bagian tepi hutan lambusango

sebelum masuk lawele kami lewat di tambang aspal. bahkan tanahnya itu item juga ya *baru tau..

tambang aspal..

lalu sampailah kami di kamaru. salah satu pelabuhan ferry buat ke wanci (salah satu pulau di wakatobi) sungguh lautnya jernih bukan main..

liat terumbu karang di dasarnya.. gorgeous..

pelabuhan ferry kamaru


para peserta tour minus pak darman sang driver cekatan

makan siang hemat, menu nasi kuning 🙂

ini dia menu lunch kami..

laut banda jam 3 sore

sampe di lasalimu pantai kami melewati satu pantai panjang bgt.. biru gradasi. pantai itu langsung berhadapan sama laut banda. sungguh indah..

view dari jembatan ini sungguh indah

kawasan hutan antara pasar wajo - baubau

hutan pinus di samparona - kaya di pelm2 korea 😀

sunset di wantiro

the end of the day. one day full tour has ended

sampai lagi di baubau jam setengah 6 sore dan kami kelaperan. jadi kami mampir di wantiro buat makan mie rebus dan minum saraba (bandrek tea kalo di bandung)

ah.. menyenangkan banget.. nanti2 saya mau lagi ah tour keliling pulau buton. tapi edisi yang lebih melosok2 lagi.. yeaay..

3 thoughts on “tour de great buton island

  1. tantri says:

    mbaq sampai jumpa di Sulawesi ya, saya dari bogor insyaalloh akan tinggal di Lombe selama 1 tahun. salam kenal ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s