semarang #1 culinary trip

pada awal bulan april yang lalu saya berkesempatan untuk tugas di semarang selama hampir 3 bulan. masa tugas saya ini lebih kaya jalan2 sih. soalnya hampir setiap weekend saya jalan2 terus ke tempat2 yang berbeda2.

buat saya semarang ini agak aneh. kenapa? soalnya susah banget buat nemu satu kos-kosan yang bentuknya kaya gedung kosan dengan banyak kamar. kebanyakan yang saya temuin waktu awal2 dateng berwujud seperti rumah yang punya kelebihan kamar dan disewakan. parahnya semua requirement dasar saya banyak ga terpenuhi. satu sinar matahari yang masuk ke kamar sungguh amat sangat sedikit. dua kamar mandinya sungguh ga bersahabat. mungkin karena sebagian besar rumah di daerah semarang bawah ini banyak bagunan tuanya.

well.. let me introduce first temen2 sekelas saya yang tugas bareng di semarang. jadi hampir 3 bulan saya akan bersama-sama dengan mereka. so here they are

evy, ajeng, kapten, eko, firza

evy ini asli medan dan keluarganya di medan. evy jadi temen satu kamar saya selama di semarang. sekarang evy tugas di pekanbaru

kapten ini asli pasuruan dan satu kosan juga sama saya. sekarang kapten tugas di malang. kapten ini salah satu best couches saya..

firza ini asli semarang. selama di semarang ini dia tinggal di rumahnya. sekarang jaja (gw panggil jaja.. hehehe) tugas di bukittinggi

eko ini rumahnya di bekasi. orang jogja tapi selama di semarang lebih sering saya yang ke jogja daripada dia. hahaha. eko ini ketua kelas saya. sekarang tugas di pamekasan.

awal2 kami di semarang kami bingung nyari makan sarapan maupun makan malam. soalnya saya, kapten dan evy agak ga suka sama rasa masakan orang semarang yang manis bgt. kapten  sama evy itu penggemar berat sambel dan saya ga suka makanan terlalu manis macem gudeg gitu secara lidah saya udah akulturasi sunda banget. jadi selama di semarang saya makan itu2 aja. satu andalah saya yaitu pecel bu ahmad di daerah tembalang sebelum patung kuda. sate usus nya enak dan rasa pecelnya lumayan pedes dan ga terlalu manis.

my lovely pecel. yang jualan sampe kenal sama saya. waktu dia tutup saya kebingungan nyari makan malam

makanan enak di semarang yang bisa dinikmatin bener2 rasanya cuma beberapa deh perasaan. andelan kami selama sebulan pertama paling cuma SS (Spesial sambel) atau leko (iga penyet). si SS ini suka keterlaluan ngantrinya. saya pernah dapet waiting list nomer 17. tapi cuma ini yang affordable dan enak. saya sama evy pernah pulang kerja bela2in ke SS demi makan yang proper padahal lagi ujan dan kami kebasahan di tengah jalan. kalo si leko ini ada di jalan gajahmada di sebelah toko elektronik matahari. enak sih. tapi mengingat harganya yg lumayan (19.000 untuk satu porsi iga penyet) dan tingkat kolesterolnya yang ajib saya ga milih sering2 kesini. makan di sini cuma 2 kali selama di semarang. hehe

menu SS kesukaan saya. kapten selalu bilang saya cupu masalah sambel. oke fine. emang saya cupu karena kepedesan sedikit aja langsung meler idung dan nangis.

leko. iga penyet mantap!!

kami juga pernah nyobain sate buntel 29 di depan gereja blenduk. karena kantor kami itu di daerah MT Haryanto di bubakan dan deket banget sama lokasi kota tua semarang jadi deket banget mau ke lokasi sate buntel ini. kami berangkat jalan kaki dan ternyata panaaaaaas bgt. kaki saya sampe belang sepatu. hih.. saya pesen sate buntel. kata salah satu temen saya sih enak. emang enak sih. tapi banyaknya ampun2an. saya cuma bisa abis setengah nya aja. dan satu lagi. harganya mahal abis. satu porsi sate buntel 35.000 aja dong.. sadis.

sate buntel..

lombok ijo juga udah pernah kami cobain. oke silahkan bingung ini kerja apa liburan. hahaha buat kami masa OJT (on the job training) itu masa liburan dan saatnya jalan-jalan. hahaha. kerjaan sih super banyak. lembur sampe jam 12 malem juga iya. tapi weekend kan bisa jalan2 kemana2 secara di semarang itu semua serba deket. dan kalo ada kesempatan pulang cepet jam 7 atau jam 8 kan bisa mampir nyobain kuliner lainnya. hehehe

taken at lombok ijo

kalo suka sama makanan otentik jaman dulu bisa nyobain TOKO OEN.. pofertjes nya enak. eskrimnya juga enak. saya suka spaghetti nya. toko oen ini juga hasil rekomendasi instruktur saya waktu pelatihan di jakarta nan cantik namanya bu chelsea. makasih bu 🙂

pofertjes toko oen rasa coklat keju

various ice cream menu at oen..

kalo kamu suka lumpia semarang jangan lupa buat nyobain lumpia mbak lien. itu mantep jaya dan paling enak seantero semarang kalo kata saya. ada di sebelah toko oen di jalan pemuda atau di depan bandeng juwana di pandanaran. harganya emang agak lebih mahal tapi rasa nya ga bohong. satu buah sekitar 9000 -an while di lumpia lain sekitar 5000 an.

satu lagi oleh2 khas semarang yang sering saya bawain buat orang rumah adalah bolu brilliant di daerah simpang lima. packagingnya bagus banget kalo mau bawain buat bos. rasanya juga mantep. harganya emang agak mahal sih. sekitar 80.000 – 90.000 satu kotak. tapi rasanya enak banget. yang brauneo itu enak.

satu lagi resto enak yang pernah kami cobain. di pisa resto. di daerah siranda. view nya juara banget!!! ambience nya juga bagus total. tapi harganya aduhai. sekitar 35.000 – 80.000-an tapi asik banget buat nongkrong2..

ambience resto nya

saya pesen fettucini carbonara di resto ini. enak sih tapi kejunya banyak bgt. jadi agak eneg. minumannya sih enak.

ada lagi yang enak di daerah tembalang.. bebek gendut sama simsix. dua itu lumayan sih. simsix itu ambiencenya oke. buat nongkrong2 ambe dodol bisa banget.kalo bebek gendut lumayan rasanya. tapi kata si kapten sih ga seenak bebek slamet. iya sih enakan slamet. tapi lumayan lah daripada lumanyun..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s