how to get your self to amazing bira peninsula (tanjung bira)

tanjung bira, bulukumba, sulawesi tenggara

one of the most beautiful beach i’ve ever seen is tanjung bira. pantainya yang putih bersih, luas, gradasi laut dan langit di horison, restoran enak dan pemandangan menakjubkan, cottage murah meriah yang keren banget, dan sederetan pengalaman lain yang seru banget di tanjung bira.

oke. here we come for the most Frequently Asked Question

1. dimana itu tanjung bira?

tanjung bira itu tanjung paling selatan dari pulau sulawesi. letaknya di kabupaten bulukumba propinsi sulawesi selatan.

2. gimana caranya ke tanjung bira?

cari berbagai cara menuju makassar yang nyaman menurut preferensi pribadi. could be by plane or ship or drive with car. lalu cari sewa mobil di makassar. saya sih menyarankan untuk sewa mobil aja soalnya banyak wisata alam dan  budaya di tanjung bira yang sulit dicapai kalo ga bawa mobil sendiri. sewa mobil sekitar Rp 250.000 – 400.o00 / hari. tergantung jenis mobil (dan koneksi tentunya.. hahaha.. this is what friends are for. rite?). atau kalo mau backpacker-an bisa naik travel harganya sekitar Rp 60.000. nama travelnya BMA (04113614228) tapi inget, kalo naik travel cuma sampe ke bulukumba dan harus nyambung pete-pete (angkot lah kalo di jawa namanya…) sekitar 1 jam lagi sampe bira.

For more info car rental just call Bapak Herfan di 081242788428 (300ribu/ hari lepas kunci) atau ke bapak sukri di 085255173004 (50ribu/orang sharing sama penumpang lain)

3. akomodasi kaya gimana?

ada salah satu temen saya yang kurang suka ke tempat-tempat eksotis gara-gara khawatir sama sanitasi di penginapan. tenang. ga usah takut. penginapan di bira sebagian besar udah modern dan oke punya kok. especially kamar mandinya. ga semenyedihkan itu kok. saya juga termasuk orang yang agak milih2 soal kamar mandi karena after all air bersih yang paling penting buat saya. di cottage yang saya pilih ini (thanx to fifi who choose this place and her connection with the warm heart owner) punya lokasi yang luar biasa indah, kamar mandi yang bagus, fasilitas yang oke dan pastinya harga yang bersahabat. semalam cuma 300ribu terdiri 2 kamar satu cottage dan bisa sharing sampe 4 orang. nama cottage yang saya tempatin adalah Panrita Lopi Hotel nama yang punya Bapak Muslim Baso (081553475991). just call him and he will help you to find out what you need.

dari villa ini kamu dapet view langsung laut, pemandangan pas sunrise dan akses ke pelabuhan yang ga terlalu jauh. ada banyak penginapan di pantai yang view nya sunset. tapi sebagian besar mahal, ga dapet view langsung laut dan kurang private. tergantung preferensi sih.

cottage punya pak haji.. bagus dan murah. pak haji makasih ya..

4. the most important thing is wisata apa aja yang ada di tanjung bira?

ini dia pertanyaan penting lainnya.. ada apa aja sih di tanjung bira ini.

a. pantai pasir putih, tanjung bira

pantai ini adalah salah satu kawasan yang paling terkenal dari tanjung bira. kalo lagi surut kamu bisa main2 di pantainya yang panjaaaaang bgt. pasirnya kaya bedak bayi. halus banget. beda sama pasir2 di baubau atau di wakatobi yang kasar dan bulet2 hasil dari harang hancur. kalo di pasir putih ini bener2 kaya bedak bayi. halussss. kamu bisa liat sunset di sini (kalo ga mendung). horisonnya yang gradasi sama laut bikin betah banget.

jangan lupa makan di d prahu dan foto-foto (update!!!! saya ke bira lagi bulan Mei 2013 kmrn. saya main2 di pantai pasir putih bira di bawahnya resto ini. lalu saya kebelet ke kamar mandi. satu-satunya toilet yang representatif ya di resto ini. tapi kalo sore dia belum buka. jadi saya pikir ga papa deh numpang di sana. ternyata ada kaya bapak2 preman gitu yang jagain. saya ga liat. dia malah menghardik saya. menyebalkan banget servicenya. saya jadi ilfil. he’s not supposed to be spoke like that. after all im a customer too. karena semalem saya makan di resto ini. ga sopan banget cara dia menegur saya. saya jadi ga rekomendasi deh) . kalo mau ngelamar pacar di sini tempat paling pas menurut saya *daydreaming hahaha.

pantai pasir putih di liat dari restoran d prahu

the beautiful bira beach

b. burakeke, tanjung bira. tempat pembuatan kapal phinisi.

salah satu pantai deket kami menginap adalah tempat pembuatan kapal phinisi. nah salah satu juragan yang punya itu pak haji yang punya villa kami menginap. karena neng fifi kenal sama pak haji jadi kami boleh mampir dan liat langsung pembuatan kapal phinisi. tempatnya ga jauh dari penginapan. sekitar 1 km.

sampe sana. saya cuma bisa tercengang liat ukurannya yang giant banget. dari kayu semua. gede banget. ga kebayang kapal nabi nuh segede apa lagi. ini aja udah gede banget.

kalo ke tanjung bira harus banget mampir.

salah satu kapal pak haji yang lagi di bangun. ini bukan yang paling besar. ada lagi yang 3 kalinya ini.

c. kajang black tribe. around 1 hours from bira peninsula

ini salah satu wisata pilihan aa’ uni. dia suka banget wisata budaya kaya gini. liat suku-suku pedalaman. awalnya kami cuma mau ketemu kepala adat dan foto di depan rumahnya. tapi akhirnya aa’ uni berhasil maksa saya dan fifi buat masuk ke desa kajang dan ganti baju dengan baju suku kajang.semua pakaian harus warna item. terpaksa saya sama fifi ganti kerudung dan sewa baju item lengkap sama sarungnya. aa’ uni malah dipasangin tutup kepala khas suku kajang.

jalan menuju ke sana agak susah. belok kanan, kiri, kanan, kiri, kanan lagi.. berangkatnya agak lama sekitar 2 jam. tapi pulangnya ga nyampe sejam. hahahaha. agak susah dicari sih. tapi kalo berhasil nemu berarti lengkap banget petualangan kamu di bira. berhenti di rumah kepala desa untuk ganti baju dan minta ditemenin. trus jalan ke tanatoa. tempat suku kajang. kamu bisa nanya2 ke kepala adatnya tentang semua hal di tanatoa.

tanatoa artinya tanah yang diluhurkan. mereka ga memakai teknologi sama sekali. menolak modernisasi dengan cara apapun. baju berwarna juga dilarang karena menyimbolkan modernisasi. mereka cuma pakai warna item untuk sehari2 dan warna putih untuk waktu-waktu tertentu. tanatoa diketuai oleh amatoa. mereka hidup selaras dengan alam. bahkan waktu saya jalan kaki ke tempat amatoa, saya liat sekelompok monyet coklat ekor panjang gelantungan di pohon pinggir jalan. amazing. udara masih seger banget di tanatoa. you should visit tanatoa!!

aa’ uni niat banget pake penutup kepala khas kajang

our black costume when visiting kajang black tribe

d. lemo-lemo beach, tanjung bira, bulukumba

waktu jalan pulang ke bulukumba kami nemu plang “pantai lemo-lemo 7km” saya langsung spontan ngajak semuanya mampir. untung pada mau. hehe. beneran 7km setelah belokan kami nemu pantai private banget. ga ada siapa2 disana. agak spooky sih jalan menuju kesananya. lewat perkampungan sepi banget. tapi ending perjalanannya keren. luar biasa bagus.. pantainya itu loh..

e. pantai samboang, tanjung bira

pantai ini landai, sepi dan ombaknya tenang. beda sama pantai pasir putih dan lemo-lemo. searah sama jalan ke kajang.

f. puncak pua janggo.

sekitar 10 menit dari penginapan ada jalan kecil menuju puncak bukit di bira. kalo ga bawa mobil sendiri jangan naik mendingan. soalnya medannya agak susah dan masih sepi jadi ngeri ada binatang2 liar. ular sih yang paling nakutin. dari puncak ini kamu bisa liat tanjung bira secara keseluruhan. bagus banget. stunning!!

you should try pulau kambing, pulai liukang, pulau selayar dan takabone rate. sayang kemaren kami kehabisan waktu jadi ga sempet kesana. katanya (dan hasil googling takabone rate keren banget).

5. kapan waktu yang tepat buat berkunjung ke tanjung bira

around april – september. kemaren saya kurang tepat berkunjung pas januari karena ombak besar, sering ujan dan langit cenderung mendung terus. tapi untung di hari kedua ga terlalu mendung dan ada matahari.

masalah makanan mah ga usah khawatir. di bira banyak toko yang jual indomie. hahaha restoran juga banyak kok. so dont worry. oh iya. jangan lupa stock tolak angin buat yang gampang masuk angin. anginnya kenceng bgt kemaren di bira.

oke. selamat mencoba. please visit bira kalo punya waktu luang lebih pas berkunjung ke makassar. dijamin ga nyesel.

for more info please kindly contact me via my email. i’ll help you as much as i can.

best regards 🙂

11 thoughts on “how to get your self to amazing bira peninsula (tanjung bira)

  1. anni says:

    mbak…mo nanya”byk nih,rencana mo liburan ke bira..klo dr makassar ke bira pagi bgt skitar jm 6 gt,kira”ada angkutan umum gt ga ya??jd nympe bira siang,msh smpet buat snorkling gt…klo yg rentcar pak sukri itu,direct makassar langsung ke bira kan?kira”brp jam perjlnan tuh…thx ya mbak 🙂

    • jujur saya ga tau mbak mengenai ketersediaan angkutan umum di makassar karena saya bukan orang makassar dan ke makassar cuma transit aja biasanya.

      saya sih sarannya sewa mobil aja. bawa rombongan berempat atau berlima. karena di bira nya sendiri banyak lokasi wisata yang susah ditempuh kendaraan umum.

      pak sukri itu direct makassar-bira.
      makassar-bulukumba sekitar 3 jam
      bulukumba-bira sekitar 1 jam

  2. Tirari says:

    Makasih banyak mbak Ajeng buat infonya.. 😀
    Kebetulan posisi saya lagi di Makassar, jadi hunting tempat2 oke buat dikunjungi.
    Salam kenal 🙂

    • karena di pinggir pantai persis dan anginnya kenceng jd fan aja saya rasa ga butuh deh.rumah nya juga dari kayu jd sejuk banget.saya udh dua kali kesana dan suka banget. kalo penasaran coba aja telepon pak hajinya untuk minta fan, mungkin bisa disediakan.beliau baik banget kok.

  3. Jardheena says:

    mba november 2012 ini saya ada rencana ke bira, posisi saya di makasar,,penginapan pak haji muslim itu udah familiar blm disana ya?atw alamat pastinya dimana ya,,,kebetulan saya sama suami dan anak saya masi umur 10 bulan, kalau bayi ga mslh kan y mba??tq..btwemail mba apa y??

    • thank you for reading mine ya mbak. sebenernya itu penginapan udah sering banget dipake sama orang-orang kantor ku. hampir semua temen-temen yang ke bira pasti nginep disana. soalnya enak bgt view nya. alamat pastinya agak susah. tapi dia di pinggir jalan kok mbak. patokannya pelabuhan aja. kalo udah ketemu pelabuhan puter balik lagi. cari rumah panggung kayu besar warna coklat sebelah rumah rumah genteng biru muda. ga ada neon box nya. soalnya pak haji itu cuma selingan aja bisnis villa nya. buat anak bayi ga masalah mbak. kamarnya relatif anget kok. email ke ajengkarina@gmail.com aja ya.

    • itu kemarin serombongan bertiga bayarnya 50 ribu. kayanya setelah saya analisa, dia biayanya pergrup. kalo datengnya sendiri ya 50ribu buat sendiri. kalo datengnya banyakan ya 50 ribu buat berbanyakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s