travel guide to Bira Peninsula – Bulukumba (Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan)

pantai pasir putih, tanjung bira

hay everybody!!!

long time no see ya. again alasan paling mujarab adalah kerjaan yang makin heboh day by day. pardon me ya readers. 🙂

oh iya. waktu liburan tanggal 17 – 20 Mei 2012 kemarin saya dan teman2 kuliah dari Jakarta berkesempatan mengunjungi Tanjung Bira lagi. Karena waktu yang lebih panjang dan peserta jalan2 yang lebih maksimal dibandingkan perjalanan sebelumnya, jadi saya menyusun rencana yang lebih ekstrim. hahaha.

kalau di perjalanan sebelumnya saya cuma di daratan Sulawesi aja, kali ini saya berkesempatan ke Pulau Kambing sama Liukang. sebagai traveler beginner, saya mencoba objektif ya. kalo jelek ya saya bilang jelek. kalo bagus ya saya bilang bagus.

spoiler for liukang snorkel spot

snorkel spot at liukang island, bira peninsula. taken by alge

superb coral at liukang island. taken by alge

ada yang nanya sama saya tentang berbagai pertanyaan tentang perjalanan ke Bira. so di tulisan kali ini saya mencoba berbagi travel itinerary perjalanan saya kemarin dan rincian biaya yang dihabiskan.

here we go..

karena saya tugas di Baubau, Sulawesi Tenggara dan kebetulan pada tanggal 16 Mei saya harus ke kantor wilayah Makassar jadi saya berangkat duluan. para teman2 berangkat dari jakarta pada tanggal 17 Mei 2012 dan sampe makassar jam 7 Wita.

peserta trip tanjung bira – minus the guide. taken by corina

perkenalkan para peserta : shanti, marsya, zuhri, corina, wastiti dan alge.

perjalanan kami mulai dari makassar pukul 11 siang. karena saya lupa jalan menuju kabupaten gowa yang mana adalah jalan utama menuju Tanjung Bira, Bulukumba.

perjalanan memakan waktu 4-5 jam menuju Bulukumba. Bulukumba menuju bira sekitar 1 jam. jalanan relatif bagus di beberapa kabupaten. tapi pas lewat kabupaten Jeneponto, luar biasa jeleknya. serius jelek banget.

sampe bira sekitar jam 6 sore. kami langsung ke penginapan pak Haji Muslim Baso yang namanya Panrita Lopi Hotel (just call mbak nita for reservation! 082198635051). ga ada papan namanya sih. ancer2 nya adalah sebelum pelabuhan ada rumah panggung kayu gede banget warna coklat sebelahnya rumah genteng biru muda. nah rumah panggung coklat itu adalah rumah pak haji muslim. malemnya kami makan di restoran deperahu. laut bagus, awan cerah.. berharap besok cerah..

meet pak haji muslim. thank you pak haji 🙂

great food at deperahu. but not good for your pocket. hehehe

tanggal 18 Mei 2012

pagi2 kami bangun berniat liat sunset. eh ternyata mendung banget. jadi balik tidur lagi. sekitar jam 10-an kami ke pantai pasir putih berniat mau snorkel. sampe di pantai, berbekal logat sulawesi yang udah mulai bisa dipraktekan, saya nawar harga sewa perahu. setelah perdebatan alot akhirnya kami dapet harga Rp 550 ribu dengan paket perjalanan ke pulau kambing+pulau liukang+banana boat+sewa snorkel 3 buah. berangkaaat.

ternyata cuaca lagi ga bagus banget. ombak super gede. kora2 dufan kalah lah. perjalanan ke pulau kambing sekitar 40 menit. di pulau ini ga ada apa2 selain kambing. kami nyelem di sini cuma sebentar. karangnya kurang padet. jarang2 banget. laut agak dalem dan area terumbu karang kurang luas. ombak juga gede banget. bagusnya buat diving disini. bisa liat hiu sama pari manta katanya. percaya banget sih. pas snorkeling aja keliatan ngeri banget lautnya. hahaha beda sama di wakatobi.

journey to liukang and kambing island at bira

lalu kami ke pulau liukang. perjalanan kesana dari pulau kambing edan ngeri banget. ombak kenceng luar biasa. speed boat kami agak kesusahan merapat kesana. setelah sekitar 40 menit berjuang melawan arus akhirnya berhasil.. si zuhri sama alge langsung nyari mesjid buat sholat jumat. di pulau ini kami sempet jalan2 di dermaga sebentar, jalan2 di pantai dan terjun dari dermaga. seru abis. terus lanjut snorkeliiiiing. bagus banget terumbu karangnya. dominasi sama karang meja terumbu karang di pulau ini. ati2 banyak bulu babi dan lautnya agak dangkal jadi kaki harus ditekuk. sebaiknya pake pelampung waktu snorkel supaya bisa ngambang dan kaki ga ngerusak karang2nya.

wonderful tanjung bira. taken by corina.

puas snorkel kami merapat ke pantai pasir putih lagi. again kami kena badai lagi selama perjalanan. terhitung dua kali kami kena badai. meskipun cuaca ga bagus tapi kami tetap semangaaat. hahaha. dan akhirnya ditutup dengan banana boat. puas deh seharian di tiga destinasi wisata. hadiahnya? kulit gosong banget. ini lagi badai aja bisa gosong. kebayang ga kalo  matahari lagi baik hati banget? jadi areng kayanya.

B . I . R . A .

malemnya makan di sekitar pantai pasir putih. di bira ini susah banget buat nemu restoran yang nyediain ikan bakar dan olahan ikan. asumsi saya sama alge adalah tempat pelelangan ikan jauh dari bira. dan ternyata bener. kalo mau makan ikan bakar harus jalan agak jauh menuju bulukumba baru nemu.

tanggal 19 Mei 2012

hari ini kami bertolak ke makassar. tapi paginya sempet mampir ke pantai pasir putih lagi buat foto2, puncak pua janggo (lagi.. ini kali kedua saya kesana) dan birakeke (again.. ini nasib jadi travel guide) buat liat phinisi. dan tidak lupa ke pantai lemo-lemo nan eksotis.

kami sepakat. pantai lemo-lemo adalah tempat pemotretan foto desktop window yang pantai biru gradasi. we’ve made our own dekstop photos here!!

pantai lemo-lemo, taken by corina

coral reef at liukang island. taken by alge

pantai lemo-lemo taken by ajeng.

ke pantai ini enaknya jam 10-an. cuaca bagus. hasil foto maksimal. dan setelah dari pantai ini ga jauh dari kawasan pembuat perahu phinisi ada restoran pantai bahari kalo ga salah. dia menyediakan ikan bakar dan paket2 makanan buat grup2 gitu. murah, enak dan pelayanan nomer 1. temen2 saya langsung bilang “Jeng, lo harus nulis dia di blog lo.”. so here i am writing their number. katanya mereka juga bisa pesen anter. coba aja ya. ini nomernya. 085213364408.

sampe makassar kami langsung ke hotel di sekitar daerah mall panakukkan. ada satu hotel namanya akik hijau. dia murah dan bagus kamarnya. lumayan kalo dateng rame2. kamarnya bagus dan fasilitas lengkap.

so much fun at bira!

buat yang mau ke bira ini saya kasih rincian biaya yang kami keluarkan kemarin (di luar biaya tiket pesawat menuju makassar dan makan pribadi)

1. Sewa mobil (mobilnya innova. kalo avanza sekitar 300ribu/hari) = 500ribu (call pak andi for more details. kalo mau nomernya silahkan email saya)

2. bensin selama di perjalanan sampe balik lagi ke makassar kami menghabiskan 310ribu (perjalanan 3 hari 2 malam)

3. sewa cottage di hotel panrita lopi = 350ribu

4. sewa kapal+snorkeling = 550ribu (kalo ke liukang aja cuma 400ribu)

5. sewa kamar hotel akik hijau di makassar = 250ribu/room available for 2 persons.

nah silahkan ditotalin dan dibagi sama anggota grupnya. kemarin sih saya perjalanan dari kamis sampe minggu pagi setiap orang harus mengeluarkan biaya sekitar 600 ribu diluar tiket dan makan pribadi. cukup murah untuk experience yang luar biasa di bira. silahkan mencoba. untuk tujuan destinasi silahkan liat di postingan terdahulu.

puncak puo janggo. taken by corina

24 thoughts on “travel guide to Bira Peninsula – Bulukumba (Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan)

  1. Syilvia Poppy says:

    hay mba..
    boleh tanya no tlp Pak Andi?
    saya punya rencana travelling ke tanjung bira,butuh referensi utk transportasi nya.
    terima kasih

    • kalo lepas kunci keluar kota kira-kira kena 350ribu sehari. namanya pak andi. 0811445309.
      itu penginapan di pantai pasir putih. saya lupa namanya. begitu sampe bira langsung aja ke pantai pasir putih. trus lurus terus sampe mentok ujung laut langsung belok kiri. nah itu penginapannya.

  2. romy says:

    mba ajeng, nanya lagi klo menginap dekat dengan bibir pantai punya rekomendasi ga yang bagus n bersih hotel nya ?
    mw ksana ni desember ini..thx

    • itu penginapannya pak haji muslim baso di pinggir pantai kok.. tapi di atas tebing gitu. bagus. kalo di pinggir pantai pasir putih nya sih aku ga tau. soalnya tiap kali ke sana pasti nginep di hotel panrita lopi itu yang punya pak haji. nomer kontaknya ada di postingan saya kok.

  3. thopa says:

    halo mba ajeng

    itu biaya sewa cottage 350 ribu?? bisa diisi brapa orang ya mba??
    ada contact personnya mba??

    salam ransel 🙂

  4. Hi Ajeng,

    Saya dan temen2 rencana ke Tj Bira akhir maret ini. Kami nyampe di Mks sekitar pukul 01.00 dini hari dan pengen langsung ke Tj Bira biar hemat waktu. Krn pasti pada capek, jd pd males nyetir. Klo nggak lepas kunci kira2 kena berapa ya? Di wilayah Tj Bira nya sendiri emg harus pake mobil bwt nyampe ke tempat2 wisatanya?

    Rencananya kami cuma 2 hari, nyampe jumat pagi sabtu siang udah balik lg ke Mks.

    thanks
    Paris

    • hai. maaf baru bales. saya ga bisa berhubungan sama dunia maya selama seminggu terakhir.
      well.. perjalanan malam agak riskan karena di beberapa tempat agak ga aman. kalo pake supir nambah sekitar 100ribu/hari.
      di bira ada angkutan umum tp ga bisa nganter sampe ke lokasi wisata. lokasinya banyak yang mencil.kaya pantai samboang, puncak puo janggo, tanatoa, dan lemolemo. kalo ga ada kendaraan tersiksa banget jalan kakinya.
      wah.. mepet banget ya.. bisa sih. asal waktu istirahatnya ga banyak. dan langsung ke lokasi tujuannya. tp ga bakal sempet ke tanatoa deh itu. paling bisa ke pasir putih, barabeach, puncak puo janggo, birakeke, sama lemo-lemo..

      have fun!!
      cheers

  5. Paris says:

    Hi Ajeng,

    Thanks infonya. Akhirnya saya dan teman2 memutuskan untuk extend di Bira sampai Minggu, biar ga terlalu buru-buru dan bisa lebih menikmati keindahan Tj Bira.

    Tapi rencana untuk jalan malam (subuh) kemungkinan bakal ttp dijalanin buat ngehemat waktu. emang bahaya bgt ya?

  6. Jeanita says:

    Thank Ajeng bermanfaat banget informasinya,
    boleh minta infonya bagaimana dengan kondisi kamar di cottage punya pak haji tersebut, kamar mandinya apakah bersih? apakah tersedia dapur beserta peralatan masaknya?

    Terima kasih ya

  7. Hi Mbak Ajeng, seru juga baca ceritanya. Gak punya rekomended penginapan lainnya kah di Bira?!
    Ada rencana mampir ke sana awal Juli, Mbak.
    Thanks anyway.

    • halo. thankyou for reading this blog. hehehe
      banyak sih sebenernya di sana. tapi saya belom pernah cobain. katanya sunshine bagus. next time deh saya cobain. amatoa juga keren.
      so far penginapan si pak haji paling oke sih jadi ga pernah pindah ke lain hati. hahaha. minggu besok saya mau ke sana lagi. nanti saya coba cari tau deh. sampe besok saya udah 4 kali ke bira ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s