Makassar City Guide

city landmark at night. taken by me.

city landmark at night. taken by me.

Akhirnya nulis lagi tentang jalan-jalan. Sejak pindah ke Makassar, banyak banget temen-temen yang datang berkunjung ke Makassar dan banyak yang nanya, bisa ngapain aja sih kalo liburan ke Makassar? Well.. review kali ini akan saya mulai dengan Makassar city guide.

Pertanyaan yang sering banget muncul adalah

Makassar itu kaya apa sih ?

Ini dia yang penting. Sebelum nyusun itinerary perjalanan ke Makassar dengan sejuta angan-angan pengen ke mana-mana, kamu harus tau dulu apa aja yang mau kamu tuju, di mana dan berapa lama jarak tempuhnya. Banyak orang yang ngasih itinerary nya ke saya dan saya akan berakhir dengan ekspresi muka ngangkat alis, mulut nganga dan ngomong dalam hati “serius lo?”. Hahahaha kenapa? Soalnya buat saya agak impossible dengan waktu perjalanan mereka yang terbilang mepet di weekend aja.

So? Mari saya jelaskan morfologi dari kota Makassar ya.

Makassar bisa dibilang ibu kota Indonesia Timur. Hampir semua penerbangan ke Indonesia Timur akan lewat Makassar alias transit. Tapi jangan salah kaprah. Makassar masih termasuk waktu Indonesia tengah (inget ya bukan WIT loh! Bapak saya aja masih ingetnya Makassar itu WIT hahaha). Dulu namanya ujung pandang. Di beberapa situs maskapai penerbangan masih nulisnya ujung pandang.

Wisata di Makassar sebagian besar ya khas kota besar. Macem museum, kuliner dan landmark. Jadi buat kamu yang mau ke Makassar dan berencana pake ke toraja, tanjung bira dan spermonde tapi Cuma di weekend aja, saya sarankan untuk kembali tidur lagi. Kenapa? Mustahil. Kalo pun bisa pasti capek banget dan bahaya.

Sebagian besar tempat wisata yang terkenal di Makassar itu jaraknya jauh-jauh. Antara 4-8 jam bahkan lebih. Misalnya, mau ke tanjung bira itu butuh minimal 10 jam perjalanan pulang pergi dan toraja butuh 16 jam perjalanan pulang pergi. Ngertikan maksud saya kenapa saya saranin buat tidur lagi aja kalo itinerary nya ambisius. Ngimpiiiii.

Dua spot terkenal di Sulawesi selatan itu toraja dan tanjung bira. Tapi keduanya itu dia arah yang berbeda. Toraja ke arah utara dari Makassar dan Tanjung Bira ke Selatan.

Ada apa aja di Makassar?

Mari kita bagi menjadi dua besar sub bab

  1. City tour

Kalo punya waktu weekend aja dan berniat ke Makassar, kamu bisa puter-puter kota aja sambil wisata kuliner. Banyak pilihannya. (saya akan buat review masing-masing destinasi di artikel terpisah) misalnya :

Karst maros, air terjun bantimurung, dan goa leang-leang

Tiga lokasi ini deket bandara. Jarak dari pusat kota sekitar sejam.

karst maros, jalan ke desa ramang-ramang.

karst maros, jalan ke desa ramang-ramang.

Kepulauan spermonde

Pulau spermonde ini kaya kepulauan seribu di Jakarta versi lebih cantik dan alami. Banyak banget pulau yang bisa kamu pilih. Tapi masih minim akomodasi. Yang paling favorit ya Pulau Samalona dan Pulau Kodingareng keke.

Jarak tempuh dari kota bervariasi dari 30 menit sampe 4 jam perjalanan laut pake kapal kayu.

Taman Nasional Pulau Kapoposan

Taman Nasional Pulau Kapoposan

pulau kapoposan

pulau kapoposan

Balla lompoa, fort Rotterdam, benteng somba opu

Ketiga destinasi ini merupakan bangunan tua peninggalan jaman dulu. Balla lompoa adalah bekas istana kerajaan gowa kalo Fort Rotterdam (dulunya benteng ujung pandang) dan benteng somba opu ini bekas benteng jaman perjuangan kemerdekaan melawan belanda.

Istana Tamalate. Pendopo Kerajaan Gowa. sayang sekarang kondisinya mulai ga bagus.

Istana Tamalate. Pendopo Kerajaan Gowa. sayang sekarang kondisinya mulai ga bagus.

Museum Balla Lompoa. Artinya Rumah Besar.

Museum Balla Lompoa. Artinya Rumah Besar.

Exotic tour

Kamu bisa milih antara toraja atau tanjung bira dengan syarat bersedia capek di jalan dan ngambil penerbangan malem. Hehehe. Kamu bisa kok ke bira atau ke toraja cuma di weekend aja. Caranya, cari penerbangan ke Makassar yang sampenya jam 6 sore sampe jam 9 malem. Abis itu lanjut naik bis ke toraja atau naik mobil charteran ke bira dan ambil penerbangan dari Makassar hari minggu jam 10 malem. Baru bisa terlaksana deh trip nya.

Ketekesu, Tana Toraja.

Ketekesu, Tana Toraja.

Suaya, Tana Toraja.

Suaya, Tana Toraja.

Kak, gw mau makan-makan di Makassar! Ada apa aja di sana?

Makassar ini terkenal sama makanannya yang berkuah dan penuh daging-daging-an. Yang wajib coba nih

  1. Coto Makassar. Coto ini beda sama soto loh ya. Coto ini makanan kuah kacang yang ditumbuk halus dan dicampur berbagai rempah-rempah trus dicampur daging2an sapi. Kamu bisa milih mau pesen daging aja, paru aja, otak, pipi, usus atau campur, terserah. Saran saya, buat yang baru pertama kalo makan coto, mending pilih daging tok atau paru tok. Menurut saya ada beberapa yang enak. Kamu bisa coba di coto ranggong (jalan ranggong, deket jalan hasanuddin, sekitar hotel aston sama santika), coto putih Abdullah daeng sirua (jalan abdesir, deket jalan pettarani, sekitar hotel clarion), coto nusantara (jalan mappanyukki, deket wisma kalla di jalan ratulangi). Yang juara? Coto putih abdesir!
  2. IMG_1501Palubasa. Sebenernya ini mirip coto, tapi beda kuahnya. Palubasa dikasih kelapa parut goreng. Tapi isi dalemnya teteeup daging2an. Yang enak? Palubasa serigala di jalan serigala atau di jalan onta lama.
  3. Palumara. Ini masakan ikan kuah kuning. Enak seger. Juara lah kalo udah masalah ikan-ikanan. Yang enak di rumah makan ulujuku di daerah racing center.
  4. Mie kering. Ini kaya semacem ifu mie gitu. Mie kering tipis disiram kuah bumbu. Yang enak? Mie awa di jalan pattimura. Banyak orang yang pengen nyobain mie titi. Sama aja sebenernya sama mie awa. Beda nama aja. Tp mie awa lebih bercita rasa kalo menurut saya dan tempatnya lebih bersih.
  5. Es palubutung dan pisang ijo. Semua orang tau lah dessert enak ini. yang enak dan tempatnya oke silahkan cobain di café mama jalan serui belakangnya jalan ahmad yani. Banyak yang bilang di bravo jalan Andalas enak juga. Tp saya ga pernah bawa temen2 turis saya yang ke Makassar ke sana. Selalu ke café mama. Tempatnya nyaman bgt buat ngobrol2 dan banyak kue tradisional juga. Es Puter Papabon di Jalan Gunung Nona juga bisa jadi pilihan. lumayan lah buat cemal-cemil.
    es papabon. rasa alpukat coklat. murah meriah.

    es papabon. rasa alpukat coklat. murah meriah.

    es kacang merah, enak sih es palubutung sama pisang ijonya.

    es kacang merah, enak sih es palubutung sama pisang ijonya.

  6. Berbagai macem kue tradisional. Makassar dan Sulawesi selatan terkenal juga sama kue tradisionalnya. Cobain deh kue pelita, barongko, songkolo dan lain lain. Yang enak? Cobain di Toko Jaya Jalan Kumala atau di café mama di jalan serui.
    semacem nasi bakar. enak!

    semacem nasi bakar. enak!

    songkolo, semacem ketan dan dikasih serundeng dan ikan.

    songkolo, semacem ketan dan dikasih serundeng dan ikan.

  7. Konro Bakar. Gw kok ga terlalu suka ya sama konro bakar. Apalagi konro karebosi. Ga anget dan kurang garing bakarnya. Katanya temen2 sih enakan konro bakar di Jalan Bawakaraeng. Silahkan dicobain.
  8. Sop paru dan sop saudara. Ini makanan khas pangkep. Enak kok. Mirip coto. Tapi kuahnya beda. Silahkan cobain di Jalan Irian, sampingnya BPR Hasa Mitra. Enak banget!!
  9. Bakso. mungkin bosen sama makanan kuah daging2an. silahkan cobain bakso di makassar. lumayan sih. cobain atiraja di jalan merapi atau bakso unggul di cendrawasih. saya sih suka bakso soponyono di jalan kumala 2.
  10. bubur ayam. cobain bubur ayam buat sarapan pagi2. yang enak di Jalan Mapanyukki, bubur mbak sri namanya.

    bubur ayam mbak sri!

    bubur ayam mbak sri!

oke.. sekian review singkat buat kalian yang mau ke makassar tapi cuma wiken aja. have fun!! selamat hunting tiket murah :p (photos will be uploaded soon)

2 thoughts on “Makassar City Guide

  1. wid says:

    bisa minta tolong mbk ? makssar 3D2N, sebaiknya itinerarynya gmn ya ? pengen bisa ke ramang2, bantimurung, leang dan city tour makassar. apakah bisa ? kalau saya menginap di daerah china town, ini lokasi yg strategis utk rencana jln2 saya tsb ? krn saya kemana2 dgn angkot rencananya. tks kasih byk ya mbk. bisa tolong di imel ke saya mbak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s