toraja, never ending story!

ini tulisan lanjutan dari tulisan saya tentang Toraja di postingan sebelumnya.


DAY 2

Tujuan kami sebenernya ke Toraja adalah pengen liat acara Rambu Solo. Acara upacara kematian khas Toraja. acara ini kayanya mimpi semua orang yang ke Toraja. kenapa?

1. ga setiap waktu diadainnya. ga bisa ditebak juga kapan adanya. ga pernah ada jadwal resminya setiap bulan apa. cuma bisa dapet info, biasanya diadain sekitar bulan Juli-Agustus dan Desember.

2. ini adalah acara tertutup untuk keluarga. kalo ga kenal, ga boleh asal masuk aja. bisa sih. tapi ga akan dapet tempat buat duduk, nonton seremonialnya.

3. acara ini cukup lama sekuelnya. tergantung rejekinya dapet acara yang mana.

sungguh memang trip kali ini diridhoi Allah. kenapa? saya banyak dapet keberuntungan. ternyata salah satu keluarga bang ian ada yang lagi ngadain acara Rambu Solo. Kedua, saya beruntung bisa liat acara Ma’nene di lokasi kuburan batu Lemo. Meskipun saya ga bisa ikutan nonton festival Lovely December nya karena baru diadain pas anggal 27 Desember nya. kami pun segera mengarah ke rumah saudara bang ian. saya deg-degan banget. excited luar biasa! bang ian udah ingetin kami untuk pake baju item. untung saya bawa baju item.

sampe di tempat sudaranya, kami dijamu di rumah tongkonan tapi udah agak modern. lantai bawah udah kaya rumah batu biasa dan kami dijamu sama kopi toraja yang enak banget! ga heran kalo arabica toraja terkenal sampe ke penjuru dunia. ya emang enak!

Toraja coffee and traditional snack.

Toraja coffee and traditional snack.

ga lama kemudian, kami pamit keluar buat muter-muter di sekitar halaman. rumahnya ini semacem komplek tongkonan. terdiri dari beberapa tongkonan. ada sekelompok ibu-ibu numbuk padi. katanya kalo mereka mulai mainin alat tumbukan itu, tandanya acara udah mau dimulai.

ibu-ibu mainin tumbukan padi, tanda acara mau dimulai.

ibu-ibu mainin tumbukan padi, tanda acara mau dimulai.

ga lama, kami ngambil tempat di deket panggung, tempat pendetanya baca doa. pendetanya ada dua. laki-laki dan perempuan. suara ibu pendetanya bagus banget waktu baca doa-doa. sampe merinding dengernya. kata bang ian, ibu pendetanya lagi maba’dong. hari ini belum acara potong hewan. hanya dipotong beberapa hewan untuk konsumsi tamu. tedong bonga belum dipotong. baru dipotong nanti pas acara puncak. setiap keluarga akan nyumbang hewan. entah kerbau atau babi.

pasrah banget ini babinya.

pasrah banget ini babinya.

ajeng dan tongkonan ;p

ajeng dan tongkonan ;p

ini nih yang namanya tedong bonga atau kerbau bule. semakin bule, harganya semakin mahal, bisa sampe ratusan juta.

ini nih yang namanya tedong bonga atau kerbau bule. semakin bule, harganya semakin mahal, bisa sampe ratusan juta.

setelah ibu pendeta dan para jamaah baca doa, kami digiring untuk makan bersama. untuk yang muslim, dengan baik hatinya mereka nyediain prasmanan makanan halal. lauknya ikan dan telor. setelah makan, nampaknya acara puncak hari itu diselenggarakan yaitu arak-arakan jenazah.

sebelum arak-arakan, para keluarga berkerumun membentuk satu lingkaran dan melakukan maba’dong lagi. tapi kali ini dengan lingkaran yang jauh lebih besar..

maba'dong. bikin merinding yang dengerin. padahal saya ga ngerti itu apa.

maba’dong. bikin merinding yang dengerin. padahal saya ga ngerti itu apa.

maba'dong yang lebih besar. sebelum jenazah digiring keliling kampung.

maba’dong yang lebih besar. sebelum jenazah digiring keliling kampung.

sebelum digiring, jenazah ditaro di rumah panggung sampai ritual akhir dilakukan yaitu potong tedong.

ini rumah panggung nya tempat naro jenazah.

ini rumah panggung nya tempat naro jenazah.

jenazah pun digiring. seluruh keluarga ikut mengantar.

iring-iringan keluarga.

iring-iringan keluarga.

ada dua kain yang dipake untuk mengiringi jenazah. di foto di atas, ada kain merah. di bawahnya berjajar seluruh keluarga dekat yang mau mengantar. sedangkan di bagian belakang ada kain putih panjang, di bawahnya berjajar keluarga jauh yang mau ikut nganterin.

acara Rambu Solo yang saya datengin ini masih hari pertama, prosesi sambut tamu. Acara intinya yang potong tedong masih hari Sabtu nya. ga papa yang penting pernah liat. priceless banget. emang harganya mahal untuk melaksanakan acara ini. seluruh keluarga akan bahu-membahu buat acara ini. tapi saya rasa untuk ukuran melestarikan budaya, ga ada salahnya. memang sedikit berlebihan mengingat harga yang fantastis buat acara ini. tantangan buat generasi muda Toraja buat nemuin cara gimana supaya ga berlebihan dan ga memberatkan tapi sekaligus melestarikan acara ini. budaya mereka ga tergantikan. unik. sayang kalo sampai punah.

tedong bonga yang mau disembelih. muka saya semi mau nyengir dan ketakutan diseruduk. hahaha

tedong bonga yang mau disembelih. muka saya semi mau nyengir dan ketakutan diseruduk. hahaha

Acara iring-iringan jenazah bagian belakang.

Acara iring-iringan jenazah bagian belakang.

view dari lokasi Rambu Solo. bagus banget ya.

view dari lokasi Rambu Solo. bagus banget ya.

okeh. karena ini acara jalan-jalan ambisius dengan list tempat yang mau dikunjungin segudang, kami langsung meluncur ke tempat lainnya. tadinya mau nonton adu tedong. semacam acara adu kerbau gitu. tapi ga sempat. akhirnya kami ke..

LEMO

Lemo ini adalah salah satu lokasi kuburan batu kuno. Beruntungnya, waktu saya mampir ke Lemo, lagi ada acara Mane’ne. acara ini adalah prosesi nuruni boneka kayu di kuburan batu dan diganti bajunya. katanya acara ini diadain 40 tahun sekali. see? keberuntungan yang kedua. hahaha..alhamdulillah.. emang rejeki.

ajeng dan boneka kayu di Lemo

ajeng dan boneka kayu di Lemo

Lemo, Kuburan batu tua di Toraja.

Lemo, Kuburan batu tua di Toraja.

IMG_4331 (1024x768)

acara selfie selanjutnya. hahaha. semua peserta harus eksis!

acara selfie selanjutnya. hahaha. semua peserta harus eksis!

LONDA

sebenernya si dika ga mau ke sini, soalnya udah pernah taun kemarin. tapi berhubung saya dan alam belum pernah, akhirnya dia mau. hehehe. maap saya agak nagging. :p Londa ini lokasi kuburan batu kuno juga. tapi uniknya di Londa ini ada peti jenazah yang digantung aja di tebing atau ditaro gitu aja di dalem gua. tengkorak berserakan. berhubung saya takutan orangnya. film-film horor aja ga berani. lah ini tengkorak di kanan kiri.

Gerbang masuk ke Londa

Gerbang masuk ke Londa

Londa dari jauh

Londa dari jauh, kuburannya mana? itu gunung batu putih liat? coba di-zoom. banyak kotak-kotak di sepanjang gunung itu. isi kotak itu ya peti jenazah.

kuburan gantung di Londa

kuburan gantung di Londa

banyak yang naro rokok dan uang receh di sekitar peti jenazah. mungkin buat sesajen ya. Peti jenazah yang paling baru ditaro di Londa itu tahun 2010.

banyak yang naro rokok dan uang receh di sekitar peti jenazah. mungkin buat sesajen ya. Peti jenazah yang paling baru ditaro di Londa itu tahun 2010.

jajaran boneka kayu di Londa

jajaran boneka kayu di Londa

tengkorak macem kaya gini, banyak banget berserakan di Londa.

tengkorak macem kaya gini, banyak banget berserakan di Londa.

Mau foto di sini, setengah mati banget memberanikan dirinya. kalo ga disorakin dika, alam, pak didi sama bang ian, ga akan deh.. hahaha. merinding langsung. hawanya dingin banget di belakang leher.

Mau foto di sini, setengah mati banget memberanikan dirinya. kalo ga disorakin dika, alam, pak didi sama bang ian, ga akan deh.. hahaha. merinding langsung. hawanya dingin banget di belakang leher.

Toraja trip full team!

Toraja trip full team!

lokasi selanjutnya adalah..

KETEKESU

lokasi terakhir yang kami kunjungin adalah Ketekesu. ini semacem komplek tongkonan tua. sekarang udah jadi lokasi wisata. infrastruktur lumayan bagus ke sini. iya soalnya mau Festival Lovely December juga. makanya pada dirapihin. Ketekesu ini keren banget! landmark Toraja. belom ke Toraja lah kalo belom ke Ketekesu. sebenernya di Ketekesu ini ada juga kuburan batu, tapi ga sebanyak di Londa. kalo ke Ketekesu, jalan ke belakang ya. ada semacem tangga naik, kita bisa liat boneka-boneka kayu dari deket. mereka udah dipagerin sekarang. katanya banyak yang nyuri.

IMG_9101 (683x1024)

 

Ketekesu, Toraja

Ketekesu, Toraja

IMG_9095 (683x1024)
IMG_9124 (1024x683)IMG_9126 (683x1024)IMG_9127 (1024x683)IMG_9145 (1024x683)IMG_9158 (683x1024)IMG_9167 (683x1024)

IMG_9088 (683x1024)

Barisan Tongkonan di Ketekesu

Akhirnya, kesampean juga mau ke Toraja. Alhamdulillah. Nikmat Allah yang mana lagi yang mau kamu dustakan. penempatan jauh dari rumah, ya jalan-jalan lah solusinya. biar ga galau. hahaha. sekian edisi jalan-jalan saya. nantikan di edisi selanjutnya. cheers!

HOW TO GET TO TANA TORAJA (Tips and Tricks)

1. ambil penerbangan ke dan dari Makassar. saran saya, sebaiknya sampe Makassar sekitar jam 5 sore, supaya bisa naik bis yang jam 7 malam.

2. banyak provider bis yang menyediakan jasa dari Makassar ke Toraja. bis nya cenderung enak kok. bis malem dengan bantalan kaki bisa dinaikin. jadi bisa istirahat di jalan. harga sekitar 150-250ribu tergantung jenis dan tipe. saya sih saran, enakan sewa mobil. soalnya di torajanya susah akses umumnya antara satu lokasi ke lokasi lain. dan biasanya yang bagus-bagus itu agak mencil tempatnya. kalo ga ada mobil rental, bisa tersiksa. perjalanan sekitar 8-9 jam. kondisi jalan relatif bagus. tapi berkelok-kelok. siapin antimo buat yang mabokan.

3. untuk masuk ke lokasi wisata rata-rata ada biayanya. Apalagi yang deket pusat kota. Biaya sekitar 15-20 ribu. jangan takut untuk belok spontan. banyak lokasi keren. tapi jangan lupa minta ijin saya yang punya rumah ya.

4. belanja? silahkan beli di pasar rante pao untuk kaos, kalo pernah-pernik, mending beli di Lemo, lebih murah dan lebih bervariasi. beli kerajinan manik-manik toraja ya. bagus deh.

selamat mencoba! let’s get lost!

2 thoughts on “toraja, never ending story!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s