i run!! we run!!

lari dari kenyataan ternyata lebih mudah :p

lari dari kenyataan ternyata lebih mudah :p

oke ya, saya memang bukan atlet. cuma berusaha hidup lebih sehat. hahahaha postingan ini bukan tentang cara lari yang baik atau tips and trick lari dari kenyataan (meskipun saya jago banget untuk yang satu ini *eh).

emang akhir-akhir ini banyak pelari dadakan dan bermunculan komunitas lari yang ditunjang dengan banyak even lari buat ajang eksis. saya mah lari cuma buat pelarian dan nambahin stamina pas berenang. beneran ga maksud numpang eksis atau jadi pelari dadakan.

pemandangan kantor saya dari lokasi jogging track. no filter needed!!

pemandangan kantor saya dari lokasi jogging track. no filter needed!!

awalnya, saya mulai lari pas bulan april-mei tahun 2013. saya paksain rutin lari supaya nafas pas berenang makin kuat. biar rekor static apnea (apa itu?? nanti saya jelasin..) bisa naik lagi. gimana caranya? saya harus punya kapasitas paru-paru yang lebih besar. okelah. saya putuskan untuk mulai lari.

sungguh ga gampang banget buat mulai lari lagi. jujur dari dulu saya mah paling ga suka olah raga cabang atletik macem lari, lompat-lompatan dan lempar-lemparan. satu, karena saya tau saya pendek, kaki boncel dan ga punya lompatan yang bagus. maka, saya paling benci kalo udah jam olah raga dan materi atletik. olah raga satu-satunya yang saya bisa dan suka ya cuma renang. eemm.. senam ritmik sama gymnastic suka sih. tapi saya yakin ga bakat di sana. suka nontonnya doang. hahahahaha. dua, karena jam kerja saya yang suka ga manusiawi susah banget buat nemuin waktu luang buat lari. jam 8-9 malem kadang masih di kantor dan masih komite kredit (ini apaan pula?? ga usah nanya.. kalian juga ga bakal tertarik kalo dijelasin.. sumpah mendingan ga usah). tiga, saya terlalu malaaaaas buat lari pas wiken. buat saya, wiken ini surga dunia di mana saya bisa bangun siang sesuka hati, jalan-jalan terserah mau ke mana, tidur malem sesuka hatiiii.

tapi saya bertekad untuk mulai lari. sekalian program nurunin berat badan. pipi saya makin mendominasi kalo foto selfie (dan sekarang menyadari bahwa pipi ga bakal ikut kurus mau jungkir balik lari berkilo kilo juga. hahahaha). akhirnya saya putuskan buat lari di sela-sela jam kantor.

alhamdulillahnya, persis di depan kantor saya, ada lapangan olahraga dan ada jogging track nya. lumayan banget. mana sejuk. yah.. macem central park di new york lah (oke jangan dibayangin sekeren itu sih pake ada danau-danau buatannya..) intinya saya mulai lari! yeay! jam 5.30 sore cabut dari kantor udah pake baju lengkap, jam 6.30 balik lagi ke kantor. ganti baju dan kerja lagi. hahaha agak extreme sih. yah demi sehat..

hampir dua bulan saya sendirian kaya gitu. sampe disindir sama bos dibilang PNS abis senam ga ganti baju.. heeeerrr banget ga sih. hahaha. tapi akhirnya banyak yang nemenin.. dan berbagai event lari pun bermunculan di Makassar. saya pikir, hayulah dicobaan. toh rame-rame ini, kalo ga kuat dan pengen kabur melipir makan coto ga bakal ada yang sadar. hahaha. maka ikutlah saya.

1. kallaRun.

ini event perdana banget saya ambil race 5k. agak deg-degan pas pertama. tapi karena lari rame-rame sama anak gosong junkies, hajar lah!! sayang medalinya terbatas buat yang 5k. yang dapet cuma kak werdhi. jadi.. pinjem deh medalinya. prinsip kami. medali kamu, medali ku juga hahahaha.

ajeng dan medali pinjemannya. hahahaha.

ajeng dan medali pinjemannya. hahahaha.

the gosong junkies. we are a freediver and we run!!

the gosong junkies. we are a freediver and we run!!

yang saya suka dari race ini, buah nya semangkaaaaa!!

2. Makassar Semi Marathon 2013.

acara lari ini bisa dibilang pertama kalinya dalam hidup saya, saya berhasil lari sejauh 10 km. tahun 2012, pernah baca di tweetnya ligwina hananto, tentang endurance nya dia untuk mulai rajin lari sebagai salah satu cara buat nurunin berat badan abis melahirkan. kayanya seru. tapi baca perjuangannya setiap pagi buat latihan lari 10km di acara MiloRun, kok ya keder. ga kebayang akan sejauh apa lari 10k. latihan terjauh yang saya pernah lakukan itu ga pernah nyampe 9k. paling mentok ya 8-9k. itu juga baru dua kali dari semua sekuel latihan lari. jadi pagi itu saya sempet sakit perut waktu mau start. mana buru-buru datengnya, pake terlambat ambil racepack, belom pasang nomer sama chip. langsung merangsek maju nyari gerombolan saya. mereka langsung bantuin saya pasang semua atribut. hehehe.

saya mulai lari ditemani playlist andalan jedag jedug biar semangat.. finish juga akhirnya..

the gosong junkies

the gosong junkies

20131207_123118_Richtone(HDR) (1024x576)

2013-12-08 13.37.58 (1024x636)

finisher!

3. Pertamina Run.

maaf, mungkin menurut saya ini event lari paling ga oke manajemennya dan persiapannya paling ga bagus. mulai dari ga adanya tempat buat nitip barang (kebayang ga sih lo, disuruh lari gembol-gembol tas backpack. bawa diri sendiri aja udah berat banget. apalagi pake bawa-bawa barang. tau lah gw kalo bawa tas ga pernah ringan, isinya pasti heboh). mana jalur ga disterilin. trus medali ga dibagiin sesuai sama jatah awalnya. nyebelin banget ini acaranya. panitianya juga. kaya ga profesional. sayang. sekelas pertamina padahal yang ngadain.

serunya.. ini pertama kali saya lari pake ujan-ujanan. di km ke 7 tiba-tiba turun hujan dan playlist mulai muter lagu adele yang dont you remember. cocok banget ga sih bisa sekalian nangis kedok keujanan hahahaha. dont youuuu remembeeeeer the reason you left meeee *yak jadi galau*. udah di arah Pantai Losari itu pas ujan. saya masih tertatih-tatih nyelesein race. orang-orang pada neduh. saya? gengsi dong.. tetep lariiii.. hahahaha. akhirnya finish juga. temen-temen saya yang lain udah nungguin di garis finish dan ngasih air minum soalnya air nya abis (men bahkan gw aja ga kebagian air minum.. parah banget lah).

lagi-lagi medali pinjeman. hehehe

lagi-lagi medali pinjeman. hehehe

yeah!! we beat it!!

yeah!! we beat it!!

the gosong junkies!! kami berlari!!

the gosong junkies!! kami berlari!!

IMG_3932

finish di hati mu kapan dong? *asik*

4. 21K Bosowa.

setelah sekian lama vacuum lari (hampir 4 bulan) karena cuaca buruk, baru lari lagi. maklum, makassar ini agak heboh kalo lagi cuaca extreme. saya dengan songong nya ngambil 10k lagi. agak nekat sih menginagt ga latihan dan langsung geber 10k. acara ini agak special buat saya. kenapa? saya lari full dalam keadaan hujan deras, baju basah dan sepatu penuh air. hahahaha. tapi seru banget. kapan lagi bisa lari ujan-ujanan. ditambah saya sendirian cewe yang lari 10k di antara anak-anak gosong. mas angki sama damba ngambil 21k. rosa sama eno ngambil 5k. sisa saya, wira sama kak werdhi yang di 10k.

jam 5 pagi, ujan udah mulai turun dengan sangat amat deras. akhirnya mulai start juga udah mulai ujan deres. saya cuma takut aja nih lari pake earphone ujan-ujanan. takut konslet di telinga. hehehe. yah.. begitulah rasanya lari dengan baju berat, celana berat dan sepatu penuh air. luar biasa!! yah akhirnya berhasil juga.

perjuangan yang amat sangat dalam menyelesaikan race ini.

perjuangan yang amat sangat dalam menyelesaikan race ini.

medallion!!

medallions!!

finisher nih. lagi nungguin mas angki yang lari 21k.

finisher nih. lagi nungguin mas angki yang lari 21k.

ada mas fadli padi!! aw aw aw

ada mas fadli padi!! aw aw aw

 

pengalaman lari saya ga segitu kocaknya kaya si http://www.romeogadungan.com sih. tapi sama-sama seruuu. saya jadi suka lari. sekarang harus mulai lari lagi nih. pipi mulai tembem.. hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s