sampai jumpa lagi Selayar

dua hari di Selayar rasanya kuraaang banget. banyak yang belom di-explore. pantai timur aja belom kesentuh sama sekali. huhuhu. hari ini kami harus pulang. setelah diskusi tadi malam, kami sepakat pulang dengan ikut jadwal ferry yang kedua yaitu jam 12 siang yang artinya harus sampe pelabuhan jam maksimal jam 11 siang. tadinya mau nekat ke Desa Bitombang, tapi ga berani karena udah terlalu siang jalannya dan miskomunikasi. jadi, kami akan mampir di lokasi menarik yang sejalan sama arah pulang.

tegar sama mas iwan langsung nyari travel atau bis buat ke pelabuhan. saya ditinggal di penginapan karena belum makan. jadi deh selama nungguin mereka, saya ngobrol banyak sama ibu haji. beliau baik banget. semua pengunjungnya dianggep anak. ga heran sih kalo penginapannya penuh terus kalo peak season. penginapan ini ada 8 kamar total dan semalam bisa buat berdua rate nya Rp 200.000 (AC, Spring bed, kamar mandi dalem). panjang lebar saya diceritain beliau. sampe akhirnya Om Ben dateng dan bilang, kenapa ga bilang sama dia tadi pagi kalo nyari yang nganterin ke pelabuhan biar sekalian dianterin ke Desa Bitombang. argh.. lupakan buat nelpon beliau.. emang harus ke selayar lagi sih. hehe. saya sempet foto sama ibu haji sebelum pulang.

ibu haji baik hati dan bankir gosong. hehehe

begitu mereka dateng, saya pamit dan kami langsung ke terminal dan berharap ditinggal bis. kenapa malah mau ditinggal? supaya bisa dianterin aja sama Om Ben sampe pelabuhan dan bisa mampir-mampir. dan ternyataaaaaaa benar!! kami udah ditinggal. hehehe ini namanya Stockholm Syndrome. oke, kami langsung jalan ke pelabuhan. dadah-dadah sama ibu haji..

kalian harus cobain namanya Nasi Santan khas Selayar. ini kaya nasi uduk sih tapi lauknya ikan bakar enak banget dan sambel kacang yang nampol.sayang hp saya penuh memorinya jadi ga sempet difoto. kami bekel makanan ini buat makan siang di kapal.

pemberhentian pertama adalah pantai batu tumpah. kata Om Ben, batu koral di sini ga abis-abis mau diambil berapa kali juga. katanya dulu pernah ada orang liat laut kaya berbuih-buih dan ga lama batu-batu itu muncrat ke permukaan. banyak yang bawa batu itu jadi batu cincin. warna batunya ada yang merah-merah terakota gitu atau biru coral.

IMG_8630 (1024x768)

panas banget cyyn

memandangimu saat senja :) (oke ini bukan senja..)

memandangimu saat senja 🙂 (oke ini bukan senja..)

ga lama kami di sini, langsung meluncur ke tempat selanjutnya. sepanjang jalan, mata dimanjain banget sama pemandangan laut yang luar biasa baguuus.

kaya gini contohnya.

lalu kami singgah di salah satu lokasi pembuatan parang khas Selayar. industri kecil gitu di pinggir jalan dan jumlahnya banyak. mereka bisa ditemukan di sepanjang jalan menuju pelabuhan. masih sederhana banget ngebuat parangnya. IMG_8649 (1013x760)

IMG_8647 (760x1013)

ini hasil dan bengkel pembuatan di belakangnya.

ada yang masih pake pompa angin. diperlukan tiga orang. satu untuk mompa, dua untuk ngebentuk besinya.

selesai foto-foto, tanya-tanya, teriak di pantai belakang lokasi pembuatan parang, kami akhirnya langsung menuju pelabuhan karena sisa sebentar lagi. daan akhirnya bisa tepat waktu ngejar kapal. untung masih dapat kursi jadi ga perlu berdiri sampe makassar. hehehe.

bye Selayar. terima kasih untuk tiga harinya yang luar biasa!! saya akan datang lagi!! mendarat di Tanjung Bira jam 2 siang.IMG_8336 (977x732)

perjalanan ke makassar, sunsetnya baguuuuus banget. sayang saya ada di sisi jendela yang lain jadi ga bisa moto.

TIPS AND TRICKS TO SELAYAR ISLAND

1. kamu bisa naik bis dari terminal Malengkeri Makassar. harganya 130 ribu dan bisnya ber-AC. ambil ferry yang paling pagi dari Bira dan ferry terakhir dari selayar kalo kamu ga harus ngejar pesawat pulang.

2. penginapan paling sesuai sama harga nya ya cuma penginapan yang saya bahas di postingan sebelumnya. namanya Lantigian. hubungi bu haji rosmiati untuk reservasi. di 081343522993.

3. silahkan sewa peralatan selam di Takabonerate Dive Center. hubungi mas asri buat info lebih lanjut. 082189459516.

4. mau jalan-jalan di darat dan wisata sejarah? Om Ben jagonya. silahkan hubungi beliau begitu sampe di penginapan.

5. sewa kapal cukup murah. seharian dan muat sampe 9 orang, cukup dengan 350ribu. silahkan bilang sama pak haji di penginapan. nanti diurusin.

6. matahari di Selayar ini luar biasa deket banget sama kepala jadi panasnya nyengat. bawa topi sama sunblock ya.

sekian. selamat jalan-jalan. let’s visit Selayar!!