thank you very much Mr. Jobs

sean gallup/gettyimages

Dear Mr. Jobs

kemarin mungkin menjadi hari terkelam dalam sejarah perusahaan anda dimana seorang pendirinya yang hebat harus pergi dari dunia ini untuk selamanya.

kemarin pagi saya membaca recent update salah satu teman saya dan saya terkejut. disana ditulis :RIP STEVE JOBS. dalam pikiran saya “ini tidak mungkin. ini cuma gosip”. saya memang telah mendengar berita tentang kesehatan anda yang tidak terlalu baik tapi saya tidak menyangka bahwa hari ini akhirnya datang juga. anda pergi.

dalam posting ini saya hanya ingin menyampaikan betapa besar jasa anda untuk kehidupan saya. anda memang bukan nabi yang saya anut dan saya teladani. tapi pemikiran anda sangat mempengaruhi kehidupan dan cara saya berpikir.

anda berhasil mempengaruhi saya dengan pemikiran anda dan akhirnya saya menjadi fanatik dengan produk anda (tapi sayang sampe sekarang saya belum sanggup mengganti laptop saya dengan macbook anda. segera akan saya cukupi tabungan saya. hehe). awal saya mengenal produk anda pada tahun 2008 dan saya menjadi sangat kecanduan dengan ipod. ipod nano chromatic warna hijau lemon adalah produk perusahaan anda yang pertama kali saya punya. sungguh memuaskan. pada saat itu saya yakin uang tabungan saya tidak saya belanjakan barang yang sia-sia. saya menjadi semakin menggemari produk anda. setahun berikutnya saya menabung untuk ipod touch saya yang pertama. sayang belum genap setahun sejak saya membelinya ipod tersebut rusak dengan alasan yang misterius. pusat perbaikan produk apple di negara saya pun tidak dapat mengganti garansinya. saya agak trauma pada waktu itu dan hampir satu tahun saya berpisah dengan ipod touch saya.

namun kenyataannya saya tidak bisa lepas dan ketagihan dengan ipod touch saya. akhirnya saya memutuskan untuk membeli yang baru sebelum saya bertugas di daerah terpencil di negara saya. walaupun tabungan saya belum cukup tapi akhirnya saya beli dengan kredit (hey.. itu kan fungsi dari bank.. hehehe). akhirnya saya sekarang menggunakan produk anda lagi (senior gw juga pake ipod shuffle ijo..)

shuffle senior di kantor.. warna ipod nano pertama gw kaya gini juga..

ipod touch aye.. hehehe

tidak hanya dengan saya. ibu saya menjadi sangat mencintai iphone miliknya. ayah saya menjadi salah satu pengguna ipad buatan perusahaan anda dan adik saya yang ketiga juga menggunakan ipod touch yang anda produksi. lihat bagaimana anda mengubah keluarga kami.. kami menjadi lebih ekspresi karena produk anda. (well sejak punya iphone nyokap jadi lebih suka foto2 dan update bgt facebook nya dan bokap jadi makin sering foto2 aktivitas keluarga gw dan akhirnya juga keluarga gw jadi sering bgt foto2 gila di setiap kesempatan jalan2. hehehe)

iphone emak aye.. sebenernya iphone doi pernah dicolong di pasar tapi maunya ganti iphone lagi. hahaha fanatik produk

namun anda tidak hanya mempengaruhi saya dengan produk anda saja. cara presentasi anda juga telah menyelamatkan tim saya di suatu perlombaan sehingga bisa menjadi juara nasional. kami benar2 belajar dari cara anda presentasi. slide anda, cara anda berbicara, cara anda berlatih dan semua elemen presentasi anda kami pelajari. terima kasih.

mungkin saya agak terlambat melihat video speech anda di commencement day universitas stanford. baru kemarin saya lihat video tersebut. dan sampai akhir hari saya sudah memutar video tersebut hampir 10x dan saya masukan ke ipod saya. terima kasih atas semua saran anda untuk generasi saya. saya akan mengingat itu semua. semoga Tuhan memberikan tempat yang baik untuk anda di akhirat sana. aamiin.

anda berkata..

” sangat sulit membuat desain sebuah produk. setiap kali orang2 tidak mengetahui apa yang mereka inginkan sampai kita menunjukkan pada mereka”

“ini adalah salah satu mantra saya : fokus dan kesederhanaan. kamu harus bekerja lebih keras untuk menjernihkan pikiran dan menghasilkan kesederhanaan. pada akhirnya hal ini akan setimpal. saat kamu sampai disana kamu bisa memindahkan gunung”

“menjadi orang terkaya di pemakaman tidak berarti bagi saya.. pergi ke tempat tidur dan mengatakan bahwa kami telah melakukan sesuatu yang luar biasa.. itulah yang berarti bagi saya”

“kami tidak pernah khawatir terhadap angka-angka. apple selalu mencoba berfokus pada produk karena sebuah produk benar-benar akan membuat perbedaan”

“kamu harus memiliki keyakinan terhadap sesuatu -keinginan, takdir, hidup, karma, apapun itu”

“pekerjaanmu akan menjadi bagian yang paling besar dari kehidupanmu. satu-satunya cara untuk mencapai kepuasan adalah dengan percaya bahwa apa yang kamu kerjakan adalah pekerjaan yang hebat. cintai apa yang kamu kerjakan. jika kamu belum menemukannya tetaplah mencari. JANGAN BERHENTI”

“hidup ini terlalu singkat makan jangan dihabiskan untuk hidup dengan cara orang lain”

“jangan percaya dengan dogma. karena hanya akan membuat kamu berakhir pada pemikiran orang lain. ikuti kata hatimu dan intuisimu. karena dengan cara yang misterius mereka tau arah masa depanmu kemana”

akan saya ingat2 Mr. Jobs.. “follow my heart, find what i love the most, stay hungry stay foolish”

taken from prambors-fm.com

One thought on “thank you very much Mr. Jobs

  1. mutiarafadjar says:

    emang keren banget videonya steve jobs, aku baru tau nama dia pas hari dia meninggal.. katrok.. tp Anda sangat inspiratif Mr Jobs!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s